Postingan

Menampilkan postingan dari 2011

KL trip - bukit bintang area

Kl-Trip November 2011 Slideshow: Imam’s trip from Jakarta, Jawa, Indonesia to Kuala Lumpur, Malaysia was created by TripAdvisor. See another Kuala Lumpur slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.

Mendidik anak: (4) Kebutuhan emosional, penuhi dengan ekspresi kasih sayang

mendidik anak dengan seimbang > Kebutuhan emosional, penuhi dengan ekspresi kasih sayang4 kebutuhan dan pemenuhannya : spiritual | fisik | | psikologis | emosional
Sahabatku sekalian, coba kita bayangkan anak seperti apa yang akan tumbuh tanpa ada belaian kasih sayang. Apa rasanya jadi anak yang ia tidak tahu apakah ibu bapaknya menyayanginya atau tidak. Seperti apa jadinya anak yang tidak kenal dengan ekspresi perasaan sayang, peduli dan kasih terhadap sesama? Beberapa orang tua yang kurang beruntung akan mengerahkan segala daya upaya untuk mengatasi anaknya yang mengidap autisme. Lalu jika kemudian kita mempunyai anak normal, tetapi kita tidak menjadikannya orang yang ekspresif dalam peduli dan kasih terhadap sesama, maka seolah-olah kita tidak bersyukur atas kesempurnaan nikmat Allah berupa anak ini.
Jika dunia barat telah mengajarkan kita, " ucapkan lah ai lop yu setiap hari", maka sebetulnya agama Islam yang telah sempurna ini juga telah mengajarkan kita, melalui Rasul…

Mendidik anak: 2. Kebutuhan fisik, penuhi dengan olah raga yang cukup

mendidik anak dengan seimbang > Kebutuhan fisik, penuhi dengan olah raga yang cukup
4 kebutuhan dan pemenuhannya : spiritual | fisik | | psikologis | emosional


Kita sering menemukan perilaku yang mungkin tidak menyenangkan pada anak kita, seperti susah tidur, tidak berhenti mengganggu adiknya, terlalu enerjik di dalam rumah, berlarian dan berteriak tanpa lelah, dan seperti punya keinginan yang tidak ada habis-habisnya.
Ini terjadi tidak lain karena anak tidak berkesempatan untuk melepaskan energinya yang berlebih. Anak kita beri makan, berupa asupan nutrisi, kalori dan energi yang masuknya bisa lebih dari 3 kali sehari. Namun sering kita lupa bahwa energi itu tersimpan di dalam tubuh dan ototnya, tanpa dilepaskan dan membiarkannya bertumpuk tanpa dimanfaatkan.
Tubuh manusia di desain secara komplex untuk mencari makanan dari alam. Secara alami, manusia melakukan upaya keras secara fisik untuk memenuhi kebutuhan makanan ini. Dahulu kala, manusia harus menombak hewan, mengejar-ngejar un…

Mendidik anak : 3. KEBUTUHAN PSIKOLOGIS, PENUHI DENGAN DISIPLIN

mendidik anak dengan seimbang > KEBUTUHAN PSIKOLOGIS, PENUHI DENGAN DISIPLIN4 kebutuhan dan pemenuhannya : spiritual fisik | | psikologis | emosional Ternyata menjadi tegas yang efektif itu adalah menyampaikan sesuatu dengan tulus, relax, calm, berwibawa dan penuh keyakinan. Dengan begitu energi secara utuh akan tersampaikan kpd lawan bicara.
sebaliknya jika mencoba tegas dengan cara ngomel, menggerutu, cerewet, emosi dll, maka energi akan menguap menjadi omelan yang emosional itu.
masih kah kita akan menganggap ketegasan itu adalah kejam? NO!!.. tegas adalah bentuk kasih sayang yang akan membangun kepribadian
Manusia yang tidak memiliki aturan, seolah seperti hewan liar yang ada di hutan belantara. Padahal jika kita pelajari, sebetulnya hewan diberi naluri untuk menjalankan aturan-aturan alami. Misalnya, sekawanan anjing akan menyeleksi siapa pemimpin dari kawanan itu. Anjing mana yang paling cepat, paling besar, dan paling dominan lah yang akan memimpin kawanan itu. Begitu juga d…

mendidik anak: 1. Kebutuhan spiritual, dipenuhi dengan penerapan nilai agama

mendidik anak dengan seimbang > 1. kebutuhan spiritual dipenuhi dengan penerapan nilai agama
4 kebutuhan dan pemenuhannya : spiritual | fisik | | psikologis | emosional

Kita pahami bersama bahwa kebutuhan spiritual adalah naluri manusia yang sangat mendasar, yaitu naluri ketuhanan, rasa ingin bergantung dan bersandar kepada suatu kekuatan yang kuat dan maha besar. Manusia pada dasarnya mengakui kelemahan dirinya, sehingga ia membutuhkan kekuatan besar itu. Adalah tugas orangtua untuk menanamkan pemahaman ketuhanan yang benar, sehingga anak kelak tidak menyandarkan ketergantungannya kepada sesuatu yang salah. Harga matinya adalah ketergantungan hanya bersandar kepada ketuhanan yang Esa, yaitu Tauhid, Allah yang satu, yang kemudian harus menjadi landasan ideologi si anak. Di mana ketika ini tidak dipahami oleh anak, maka dikhawatirkan si anak akan mencari sendiri, dan dengan mudah menjadi pribadi yang bergantung pada selain Tuhan. Bisa jadi kepada orang, kepada uang, atau lebih parah…

Mendidik anak dengan keseimbangan

Sering kali kita temui kasus orang yang berumur dewasa, namun mempunyai kepribadian yang belum dewasa. Ini bisa terlihat dari perilakunya seperti adanya sifat manja, keinginannya harus selalu dipenuhi, kurang gigih berusaha, tidak teguh pendirian, tidak bertanggungjawab, kurang pertimbangan, bergantung, kurang kepemimpinan dll. Permasalahan seperti ini tidaklah terlepas dari pola didik ketika ybs dibesarkan sejak kecil. Kepribadian adalah refleksi dari masa lalu, yang merupakan buah yang dipetik dari salah satu faktor terbesar yaitu pola didik orangtua. Marilah kita terus menggali bagaimana cara menjadi orangtua yang berkompeten untuk mendidik anak-anak kita menjadi manusia yang berkarakter.

Kasus di atas adalah contoh permasalahan yang ditemui pada orang-orang dengan pola didik yang tidak seimbang, yaitu pola didik dengan limpahan belaian kasih sayang yang tidak diiringi dengan aturan jelas dan kedisiplinan. Juga hal lain berupa rohani dan jasmani tidak dibangun secara seimbang.

Untu…

buka warung makan gratis untuk bersedekah??

Gambar
Sudah 2 hari gw tdk di rumah karena lg nginep di luarkota di rmh seorang teman. Gw menjajaki peluang kerjasama dgn teman yg sepasang suami istri paruhbaya ini. Ada kemistri tertentu memang untuk bosnis bareng sama pasangan ini. Terutama karena mereka punya usaha yang unik, sebagaimana kepribadian mereka yang unik.. Haa.. Dari hal unik ini saja sebetulnya sudah bisa hampir memenuhi kunci sukses sebuah bisnis.. Krn gw berkesimpulan -dari 4 tahun kuliah di sekolah bisnis- ternyata intinya adalah bagaimana menciptakan bisnis tanpa persaingan dengan diferensiasi, positioning, dan hal lainnya termasuk mengeliminir pesaing sejak sebelum bisnis bdimulai dengan memilih produk yang UNIK dan original. Maka dari itu satu kriteria penting sudah gw dapet dari temen yang calon partner gw ini.
Selain itu jga gw emang merasa nyaman sama 2 orang ini, pastinya krn gw tau gw jug punya personaLity yang ngga umum alias mahiwal bin nyeleneh ataw wierdo dan semacamnya..
Pengakuan barusan di atas bukan arti…

Bikin Foto Panorama di Epicentrum

Gambar
..

Nyobain Gambar perspektif

Gambar
Dengan pengetahuan seadanya.. bekel dari pelajaran SMA dulu, sy coba bantuin papa mertua untuk memvisualisasikan apartemen miliknya yang akan di isi furnitur oleh kontraktor..
well.. namanya juga seadanya.. dan sy cuman bisa gambar garis lurus.. tidak ada pernak pernik dan ornamen, maksudnya hanya ingin ruangan itu tergambarkan saja..
Yang sy ingat cuman titik hilang yang ngilangnya itu pas di garis horizon..
begini penangkarannya :




Hadiah nama untuk buah hati.. hatikuhatiku...

Gambar
Anakku... Farros, umurnya sekarang 2,5 tahun, sedang lagi seneng-senengnya ngomong hatikuhatiku... terus ketawa.. dan ngomong lagi.. hatiku hatiku.. terus ketawa lagi...
ternyata dia itu lagi suka banget sama lagu disini senang di sana senang , di mana-mana Hatiku hatiku senang...
haa... sepertinya dia sedang menikmati kata-kata 'hatiku' yang dia baru bisa ucapkan. Alhamdulillah, kian hari kian lucu saja Farros..
Baru 1 mingguan ini lah dia kebali bersama saya dan istri, setelah sebelumnya farros di bawa sama 'nyai' (nenek) ke palembang. Mungkin nenek dan kakeknya merindukan ada anak kecil di rumahnya, yang mana sekarang semenjak kakek faros pensiun, rumahnya terasa sepi.. semua kakak dan adik istri saya tidak tinggal di Palembang.

2 minggu Farros di Palembang, selama itu juga abi dan umminya gelisah terus kalau ingat dia.. ahahha.. ya terang saja, farros kan belum pernah sama sekali pisah tidur sama umminya.. apalagi dipisah 2 minggu berjauhan pula terpisahkan dengan s…

coba posting dari email kantor

hmmm.. gimana jadinya?

--
PT. Bhayangprima Lintas Nusa
terminaltiket tour and travel
http://www.tiket-pesawat-online.com
Add: Jl. Raya Bogor Km21 no 09
Kafila business center
Jakarta Timur 13830
Telp: 0218778 0234, Fax : 02187780097
Hp  : 081318194245

Bismillahirrahmaanirrahiim... Posting pertama

Gambar
Beberapa minggu yang lalu adik ipar Saya Ramon, ikut sebuah seminar keren tentang bagaimana cara menulis. Saya minta dia untuk langsung share apapun yang dia dapet di seminar itu.. jadilah sekarang Saya bikin blog ini sebagai awal aplikasi dari ilmu 'second hand' yang Saya dapet dari Ramon.. hehe

Saya merasa memang ini yang dibutuhkan sama orang Indonesia... keterampilan menulis. Karena dengan cara ini lah ilmu pengetahuan akan cepat tersebar luas, tidak sampai berhenti pada buku-buku yang penulisnya itu-itu saja.
Dalam 30 menit kedepan saya hanya akan melakukan pemanasan... coba yah .. terakhir kemarin saya latihan 15 menit pertama cuman dapat 300 kata, 15 menit ke2 dapat 450 kata, pas nyobain 30 menit, jadinya 600an kata, terakhir 30 menit yang  ke 2 sudah bisa hampir 1000 kata. sekarang berapa yah...

Jadi ternyata menulis itu tidak sulit, gimana aja rasanya seperti ngobrol, tapi kalau ngobrol, apa yang ada di dalam benak kita, kita komunikasikan dengan mulut, nah kalau menul…